Home » METRO » Warga Belawan Demo Ancam Pembangunan Rel PT. KAI Divre Sumut

Warga Belawan Demo Ancam Pembangunan Rel PT. KAI Divre Sumut

Warga yang berjualan di pinggir rel.

Warga yang berjualan di pinggir rel.

Belawan – PT .Kereta Api Divre yang rencananya akan melakukan pembangunan Rel disepanjang kawasan Belawan menuju Medan mendapat ancanaman warga , akibatnya sebahagian kawasan daerah Pinggiran Rel sempat gagal akibat Demo warga Selasa 29/08

Warga yang bermukim di pinggiran rel di Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan, mengancam akan memblokade Stasiun Kereta Api (KA) Belawan. Jika warga digusur Ini dilakukan lantaran mereka menolak rencana penggusuran PT KAI Divre Sumut.
Eli (40), warga Jalan Stasiun Belawan mengatakan, soal rencana penggusuran seratusan bangunan rumah dan bangunan Usaha di sepanjang jalur perlintasan kereta api mendapat penolakan dari sebagian besar masyarakat. “dikarnakan warga tidak ingin rumah dan usahanya Dibongkar walaupun pemerintah melakukan pembongkaran .

Menurut warga Kami tetap menolak digusur. Jika mereka maksudnya (PT KAI,red) memaksa, kami siap melawan sampai titik darah penghabisan ucapnya warga kemarin. Menurut warga niat PT. KAI untuk menggusur bangunan warga katanya, telah diketahui lewat surat pemberitahuan. Tapi, warga menyayangkan kenapa perusahaan kereta api tidak lebih dulu mengajak mereka berunding. Walaupun sudah ada surat SP yang dilayangkan kepada warga ”Sebelumnya tak ada pertemuan dengan warga. Eh, sekarang tiba-tiba saja mereka mau main gusur,” ungkap Eli.

Dia merasa keberatan digusur karena lahan tanah yang mereka tempati selama ini bukan gratis. Melainkan warga menyewa tanah melalui jasa oknum pejabat PT KAI Divre Sumut. Menurutnya, dari hasil rapat antar sesama warga yang bermukim di pinggiran rel KA di Belawan, mereka sepakat akan menggelar aksi dan memblokade Stasiun KA Belawan pada hari ini. Itu dilakukan sebagai bentuk penolakan rencana penggusuran.”Kami akan buat aksi ke Stasiun PT KAI Belawan. Jangan karena kepentingan mereka, warga jadi korban,” tegas Eli.

Senada dikatakan Mawardi (46), warga lainnya. Menurut ia, rencana penggusuran bangunan warga oleh perusahaan kereta api, disinyalir berkaitan atas MoU antara PT KAI dengan pengembang. “Ada informasi penggusuran ini atas dasar desakan perusahaan pengembang. Mereka mau bangun 300 kios disini,” ungkap Mawardi dengan tegangnya
Kepala PT KAI Stasiun Belawan Herianto Siregar sebelumnya menjelaskan, terkait atas penggusuran tahap pertama bangunan di sepanjang jalur rel KA akan dilakukan dari mulai kawasan Kampung Salam hingga menuju Jalan Stasiun, Belawan. “Kita sudah beri surat peringatan (SP)-1 batas waktunya 7 hari, jika tidak diindahkan akan dilayangkan SP-2 dan selanjutnya SP-3 atau eksekusi penggusuran,” terangnya.

Heri mengaku penggusuran di pinggiran lahan rel kereta api ini merupakan tindak lanjut dari pengamanan aset milik PT KAI Divre Sumut, yang tertuang dalam ketentuan Undang-undang perkeretaapian.”Inikan sebagai pengaman aset kita, warga sudah diberi tahu. Tapi, jika mereka menolak membongkar sendiri, akan tetapi jika warga tidak mau melakukan pembongkaran bangunan mereka maka kita yang akan merubuhkannya,” Ucap Heri
Walaupun dalam aksi penggusuran bangunan di sepanjang jalan lintasa Rel Kereta Api yang dilakukan PT KAI yang dijaga oleh petugas Keamanan (Thejakartatimes/Binsar Simatupang)

Warga Belawan Demo Ancam Pembangunan Rel PT. KAI Divre Sumut Reviewed by on . [caption id="attachment_18855" align="alignleft" width="221"] Warga yang berjualan di pinggir rel.[/caption] Belawan - PT .Kereta Api Divre yang rencananya akan [caption id="attachment_18855" align="alignleft" width="221"] Warga yang berjualan di pinggir rel.[/caption] Belawan - PT .Kereta Api Divre yang rencananya akan Rating: 0
scroll to top