Home » Headline » Seluruh Perwakilan Duta Besar Di Jakarta Akan Menghadiri Perayaan Dasawarsa Hari Batik Nasional

Seluruh Perwakilan Duta Besar Di Jakarta Akan Menghadiri Perayaan Dasawarsa Hari Batik Nasional

Caption: (tengah) Direktur Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly. (Foto: Ivan)

Caption: (tengah) Direktur Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly. (Foto: Ivan)

JAKARTA – Sebanyak 400 undangan termasuk seluruh perwakilan Duta Besar yang ada di Jakarta akan hadir pada Perayaan Dasawarsa masuknya Batik ke dalam daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO. Perayaan kali ini mengusung tema “Batik, Khazanah Peradaban”. Batik menjadi kekayaan peradaban bangsa sudah sepantasnya kekayaan ini diwariskan kepada anak-cucu.

Seluruh rangkaian kegiatan Perayaan Hari Batik akan dikemas dalam sebuah drama musikal yang menampilkan tokoh-tokoh yang dekat dengan dunia batik yaitu Canting, Malam dan Mas Print. Acara ini diawali cucuk lampah yang diperankan oleh model yang memakai busana batik.

Direktur Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly mengatakan kegiatan Perayaaan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2019 merupakan inisiatif komunitas dan pecinta Batik diantaranya Penida Wastra Persada, Aruna Chakra Kinarya dan Yayasan Tjanting Batik Nusantara yang kemudian disampaikan dan difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta didukung oleh Kementerian Luar Negeri.

“Batik saat ini sudah dikenal secara luas, anak-anak muda yang pada awalnya malu menggunakan Batik yang dianggap menggambarkan orangtua, saat ini merasa bangga memakai Batik untuk pakaian sehari-hari. Industri Mode berlomba mengangkat Batik dengan berbagai gaya dan rancangan sehingga juga dapat diterima oleh masyarakat diluar Indonesia,” kata Nadjamuddin Ramly di Kemendikbud Jakarta, Selasa (1/10)

Lebih lanjut Nadjamuddin Ramly mengatakan Batik adalah tehnik menghias kain yang mengandung nilai, makna, dan simbol-simbol budaya. Keterampilan ini diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi penanda peradaban bangsa Indonesia. (Ivan)

 

 

 

Seluruh Perwakilan Duta Besar Di Jakarta Akan Menghadiri Perayaan Dasawarsa Hari Batik Nasional Reviewed by on . [caption id="attachment_23165" align="alignnone" width="300"] Caption: (tengah) Direktur Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly. [caption id="attachment_23165" align="alignnone" width="300"] Caption: (tengah) Direktur Warisan Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly. Rating: 0
scroll to top