Home » Headline » Prespektif Pengelolaan Sungai Ciliwung Sebagai Destinasi Wisata

Prespektif Pengelolaan Sungai Ciliwung Sebagai Destinasi Wisata

Narasumber pamerintah Jakarta yaitu Bapak Slamet Budi Santoso dan perwakilan Suku Dinas Pariwisata Kota Jakarta Timur Bapak Iwan H. Wardhana, sedangkan dari akademis terdapat pakar Sungai dari Universitas Indonesia Bapak Komara Djaja

Narasumber pamerintah Jakarta yaitu Bapak Slamet Budi Santoso dan perwakilan Suku Dinas Pariwisata Kota Jakarta Timur Bapak Iwan H. Wardhana, sedangkan dari akademis terdapat pakar Sungai dari Universitas Indonesia Bapak Komara Djaja

Thejakartatimes- Masyarakat Jakarta sudah fasih mendengar mengenai keberadaan sungai Ciliwung yang memiliki hulu di Bogor dan Jakarta menjadi hilir. Sungai ini jadi sangat vital bagi fungsi ekologis sekitar 13 juta penduduk sekitarnya. Namun kondisinya kian memprihatinkan. Kualitas lingkungan terus memburuk karena tingginya limbah rumah tangga dan industri. Timbunan sampah yang menggunung di bantaran, limbah cair yang terdapat di sungai sampai dengan kegiatan destruktif banyak pihak lainnya telah menjadikan Ciliwung bagai sekarat dalam menjalankan fungsi ekologisnya.

Banyak upaya telah dilakukan, namun kualitas Ciliwung belum menemukan kondisi optimalnya.  Salah satunya dengan adanya Sekolah Alam Komunitas Ciliwung yang ada di Condet, Jakarta Timur Sekolah Alam Komunitas Ciliwung Condet, adalah salah satu komunitas yang sejak berdirinya dengan gigih melakukan berbagai perlawanan terhadap perilaku merusak keberlangsungan sungai Ciliwung. Dengan moto “selamatkan yang tersisa”, pegiat komunitas terus melakukan hal-hal konstruktif untuk terwujudnya sungai ciliwung yang asri dan menghidupi warga Jakarta. Melalui tokoh yang berperan di komunitas ini yaitu Abdul Qodir menjaring relawan, mahasiswa, pelajar, kelompok usaha, warga setempat, yang peduli akan lingkungan alam, sosial budaya sekitar bantaran Ciliwung Condet.

Melihat aktifnya komunitas, tim riset dan pengabdian masyarakat dari Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) ingin berperan serta secara aktif untuk memberikan kontribusi terhadap keberadaan komunitas melalui kegiatan penguatan komunitas yang bertajuk Go Green UI Peduli di Sekolah Alam Komunitas Ciliwung Condet.

Tujuan pengabdian masyarakat SKSG UI ini ingin meningkatkan kapasitas berorganisasi serta pemahaman lingkungan sungai pada Sekolah Alam Komunitas Ciliwung Condet. Sebenarnya, tujuan akhirnya adalah untuk peningkatan kondisi Ciliwung menjadi lebih baik.

Kerjasama SKSG UI dengan Sekolah Alam Komunitas Ciliwung Condet ini diawali dengan kegiatan diskusi bersama yang berjudul “Prespektif Pengelolaan Sungai  sebagai Destinasi Wisata”  pada tanggal 21 Juli 2018, Sabtu di wilayah Sekolah Alam Condet yang bersisian dengan Sungai Ciliwung. Adapun kegiatan dilakukan untuk lebih menemu-kenali serta ada kesepahaman dari banyak pihak mengenai bentuk optimalisasi Sungai Ciliwung khususnya di wilayah Condet.

Selain itu, melalui forum ini juga semakin mempertegas komitmen banyak pihak untuk mengoptimalkan kondisi Sungai Ciliwung Condet. Berbagai narasumber baik dari pemerintah maupun non pemerintah dapat menambah saran-saran konstruktif untuk pengelolaan wilayah.

Narasumber pamerintah Jakarta yaitu Bapak Slamet Budi Santoso dan perwakilan Suku Dinas Pariwisata Kota Jakarta Timur Bapak Iwan H. Wardhana, sedangkan dari akademis terdapat pakar Sungai dari Universitas Indonesia Bapak Komara Djaja. Kegiatan ini mengharapkan audiens dari berbagai pihak seperti jejaring Sekolah Alam, mahasiswa serta akademisi untuk dapat mengarus-utamakan pengelolaan Ciliwung seluruh stakeholder.(AS/RED)

Prespektif Pengelolaan Sungai Ciliwung Sebagai Destinasi Wisata Reviewed by on . [caption id="attachment_21741" align="aligncenter" width="600"] Narasumber pamerintah Jakarta yaitu Bapak Slamet Budi Santoso dan perwakilan Suku Dinas Pariwisa [caption id="attachment_21741" align="aligncenter" width="600"] Narasumber pamerintah Jakarta yaitu Bapak Slamet Budi Santoso dan perwakilan Suku Dinas Pariwisa Rating: 0
scroll to top