Home » Headline » Perkuat Infrastruktur, KKP Tambah Empat Kapal Pengawas

Perkuat Infrastruktur, KKP Tambah Empat Kapal Pengawas

Orca-6-e1460113828433

Menteri Kelautan dan Perikanan meninjau Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) yakni ORCA 01, ORCA 02, ORCA 03, dan ORCA 04.yang baru diresmikan di Jakarta, Jumat (8/4,2016). (Foto-Foto: EOS)

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) menambah empat armada Kapal Pengawas (KP) yang dilengkapi dengan Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) yakni ORCA 01, ORCA 02, ORCA 03, dan ORCA 04.

Penambahan kapal pengawas ini untuk menekan kerugian negara akibat pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan secara ilegal, terutama yang dilakukan oleh kapal-kapal asing,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat meresmikan empat kapal pengawas di Dermaga KOLINLAMIL Jakarta, Jumat(8/4).Orca-1Orca-5-e1460113889855

Menteri Susi menambahkan, kapal yang di produksi berasal dari galangan dalam negeri dengan material besi baja dan memiliki ukuran panjang 60 meter tinggi 4,50 meter dengan kecepatan 25 knot.

“Kapal-kapal tersebut rencanya akan dioperasikan di wilayah barat dan timur Indonesia,” imbuh Susi.

Di tempat yang sama, PLT Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan Sjarief Widjaja menyebutkan, pemberian nama ORCA yakni diambil dari nama ikan paus yang memiliki arti daya juang yang kuat.

“Diharapkan ke empat kapal tersebut mampu memiliki daya juang yang tinggi untuk menjaga perikanan di tanah air,” tutur Sjarief

Sekedar informasi, ke empat kapal SKIPI ini menambah jumlah kekuatan armada kapal pengawas perikanan yang dimiliki oleh KKP menjadi 35 unit dari sebelumnya berjumlah 31 unit.

Proyek kerja sama pembangunan kapal ini berawal dari tender tanggal 30 april 2012. Kemudian pada 24 Oktober 2012 dilakukan penunjukan pemenang tender dan diakhiri kontrak pada 31 Januari 2013. Sedangkan kontraknya efektif mulai tanggal 23 Desember 2013.

Kapal pengawas ini sudah dipesan oleh KKP pada tahun 2012. Nantinya kapal ini akan dioperasionalkan sebagai kapal pengawas perikanan. Kapal ini dibangun dengan menggunakan desain dan supervisi dari MSS (Merite System Service).

Dalam rangkaian acara peresmian Kapal Pengawas tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan juga akan mengukuhkan Awak Kapal ORCA 01,02,03 dan 04, kemudian memberikan penghargaan kepada kapal HIU 11 dan menyaksikan penyerahan bantuan CSR kapal ikan dari PT Daya Radar Utama kepada Nelayan (HNSI). (Sumber:KKPNews/EOS)

Perkuat Infrastruktur, KKP Tambah Empat Kapal Pengawas Reviewed by on . [caption id="attachment_14368" align="alignnone" width="600"] Menteri Kelautan dan Perikanan meninjau Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) yakni OR [caption id="attachment_14368" align="alignnone" width="600"] Menteri Kelautan dan Perikanan meninjau Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) yakni OR Rating: 0
scroll to top