Home » HIBURAN » Perguruan Cikini Gelar “Konser Musik Cikini Klasika 2018″

Perguruan Cikini Gelar “Konser Musik Cikini Klasika 2018″

Orkestra Perguruan Cikini pada Konser Cikini Klasika ke 29, di Gd Nyi Ageng Serang Jakarta. (Foto: Ojay)

Orkestra Perguruan Cikini pada Konser Cikini Klasika ke 29, di Gd Nyi Ageng Serang Jakarta. (Foto: Ojay)

JAKARTA, theindonesiatimes – Yayasan Perguruan Cikini kembali menggelar “Konser Musik Cikini Klasika 2018”, merupakan gelaran ke 29 sebagai salah satu program melestarikan dan mengedukasi berbagai peminatan musik sebagai upaya pembentukan karakter. Melibatkan ratusan siswa perguruan Cikini dan para profesional pencinta musik klasik.

Berlangsung di Gedung Nyi Ageng Serang, di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa malam (20/11/2018). Dipenuhi ratusan siswa sekolah dasar (SD) merupakan anggota kelompok Percik Children Choir, kelompok paduan suara SD Perguruan ‘Cikini’. Dengan mengenakan aksesoris serta pakaian beraneka warna, mereka menyanyikan lagu “Hela Rotane” lagu Maluku dengan riang.

Menjadi pembuka Konser Musik Cikini Klasika 2018. Penampilan selanjutnya tidak kalah menghanyutkan. Sejumlah musik klasik gubahan komponis terkenal Johann Sebastian Bach, WA Mozart dan Franz Schubert serta beberapa lagu daerah Indonesia dibawakan dengan apik oleh Orkes Junior yang juga berasal dari perguruan yang sama. Orkestra tersebut dipimpin oleh Conductor Hari Poerwanto.

Konser malam itu memang merupakan kegiatan rutin setiap tahun dari Perguruan Cikini. Sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus memberikan pendidikan musik, mereka percaya bahwa pembinaan tersebut juga akan berdampak baik pada pembentukan karakter anak.

Dalam sambutannya Ketua Panitia konser Sri Utami, menyatakan “Musik merupakan bagian dari industri kreatif yang memberikan dampak positif, Perguruan Cikini adalah Institusi yang fokus memberikan pendidikan musik. Tujuannya, selain pembinaan di bidang musik juga untuk pembentukan karakter anak,” jelasnya.

Sri melanjutkan, “Dalam perkembangan pendidikan musik, tentu dibutuhkan regenerasi. Oleh karena itu, Perguruan Cikini memberikan kesempatan pada siswanya untuk tampil guna mengevaluasi cara bermain instrument juga mengenalkan musik klasik pada masyarakat.”

Senada dengan visi misinya Direktur Dikdasmen Yayasan Perguruan Cikini, Susiyanto mengatakan “Peserta orkestra Cikini adalah insan pembelajar, sehingga akan membentuk mereka menjadi dewasa karena pembelajaran dari kehidupan kita bermain musik. Kita mempersembahkan musik klasik untuk setiap hati yang bertumbuh, musik mengiring disetiap pergerakan dan perubahan kehidupan kita sehingga harmonis, runtut, bijak dan produktif.” jelasnya.

Konser pada malam itu juga dimeriahkan oleh segenap alumni dan komite perguruan dan komunitas Bentara Muda Choir yang berada di bawah naungan Bentara Budaya Jakarta dan Labs Choir.

Seperti dikatakan Conductor Senior Hari Poerwanto, “Kami menyajikan harmonisasi musik klasik yang universal, komposisi Musik barat dan nusantara pada konser kali ini,” jelasnya.

Didukung solois Valisa, Rifqa, Ribka, Sonya Jarvet Evan, Nursita Maha, Novi Indrawanto.

Dipekirakan 400 terlibat dalam pagelaran musik klasik ini, antata lain WE Percik, Percik Choir, SMM Choir, Percik Children Choir, Percik Junior Choir, Ansambel Gitar SMM. (Jay)

Perguruan Cikini Gelar “Konser Musik Cikini Klasika 2018″ Reviewed by on . [caption id="attachment_22099" align="aligncenter" width="600"] Orkestra Perguruan Cikini pada Konser Cikini Klasika ke 29, di Gd Nyi Ageng Serang Jakarta. (Fot [caption id="attachment_22099" align="aligncenter" width="600"] Orkestra Perguruan Cikini pada Konser Cikini Klasika ke 29, di Gd Nyi Ageng Serang Jakarta. (Fot Rating: 0
scroll to top