Home » Headline » Pemerintah Sigap Tangani Paus Terdampar di Bali

Pemerintah Sigap Tangani Paus Terdampar di Bali

IMG-20160315-WA0012

Bali –  Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 14 Maret 2016, kembali terjadi paus (mamalia laut) terdampar di 2 lokasi yang berbeda, yaitu di Sampalan, Nusa Penida dan di Pantai Batu Tumpeng Klungkung, Bali.

Ikram M Sangadji, Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar mengatakan penanganan mamalia laut yang terdampar di Sampalan, Nusa Penida telah dilakukan sesuai dengan panduan penanganan mamalia laut yang terdampar yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Tim penanganan mamalia laut terdampar di Sampalan Nusa Penida terdiri dari Unit Pelaksana Teknis KKP Nusa Penida, Coral Triangle Center (CTC), Masyarakat setempat dan voolunter. Tim juga telah dikoordinasikan oleh BPSPL Denpasar mengingat pada waktu yang sama juga terjadi mamalia laut yang terdampar juga di Pantai Batu Tumpeng Klungkung, Bali.

Penanganan secara efektif dilakukan dengan cara penguburan. Namun, sebelumnya telah dilakukan identifikasi dan pengambilan sampel. Sampel berupa kulit dan gigi telah diambil dan diserahkan kepapa BPSPL Denpasar.

Dari hasil identifikasi, terdata bahwa paus tersebut terdampar di Sampalan, Nusa Penida pada titik koordinat -8.672234° LS dan 115.558011° BT. Jenis paus yang terdampar adalah jenis Melon headed whale (Peponocephala electra) dengan panjang 233 cm dan berdiameter 128 cm. Sampai saat ini, jenis kelamin dari paus yang memiliki bobot 80-90 kg masih belum dapat diketahui.

Kesigapan dan ketepatan penanganan mamalia laut yang terdampar ini tidak lepas dari upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui BPSPL Denpasar dalam memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis tentang penanganan mamalia laut yang terdampar di Bali.

Ikram M Sangadji selaku Kepala BPSPL Denpasar memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh tim di Nusa Penida yang telah dengan cepat melakukan penanganan. Penanganan yang cepat dan tepat akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan wisatawan di KKP Nusa Penida dan terhindar dari penyebaran penyakit/bakteri yang diakibatkan oleh bangkai tersebut. (Thejakartatimes/EOS/Sumber:kkpnews)

Pemerintah Sigap Tangani Paus Terdampar di Bali Reviewed by on . Bali –  Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 14 Maret 2016, kembali terjadi paus (mamalia laut) terdampar di 2 lokasi yang berbeda, yaitu di Sampalan, Nusa Pen Bali –  Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 14 Maret 2016, kembali terjadi paus (mamalia laut) terdampar di 2 lokasi yang berbeda, yaitu di Sampalan, Nusa Pen Rating: 0
scroll to top