Home » Headline » Mensos: Hukuman Kebiri Syaraf Libido Demi Hak Anak

Mensos: Hukuman Kebiri Syaraf Libido Demi Hak Anak

DSC_0054

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Jakarta – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan wacana pemberatan hukuman bagi pelaku kekerasan seksual pada anak lewat kebiri syaraf libido demi melindungi hak anak.

“Kalau dikatakan kebiri itu melanggar HAM, sekarang bagaimana dengan hak anak yang menjadi korban, bagaimana hak orang tua yang anaknya menjadi korban, bagaimana anaknya yang menjadi korban lalu kecanduan,” ujar Mensos di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Menurut Mensos masalah ini harus dijawab bersama-sama dengan tujuan utama hak anak untuk mendapatkan perlindungan harus dijaga. Mensos mengatakan, pengebirian syaraf libido tidak serta merta diterapkan terhadap pelaku paedofil, tapi harus ada kriteria dan klasifikasinya.DSC_0094

“Misalnya diterapkan kepada pelaku kekerasan seksual, terutama yang menimbulkan efek berantai. Jadi misalnya predator menimbulkan predator berantai, dia melakukan sodomi bisa menimbulkan sodomi berantai, kalau dia paedofil bisa menimbulkan paedofil berantai,” jelas Mensos.

Pengebirian, menurutnya, bisa dilakukan dengan cara apa saja, misalnya dengan bedah saraf libido, bisa dengan suntik, bisa mengoles, bahkan bisa dengan minuman.

Pemerintah sudah setuju dengan pemberatan hukuman lewat kebiri saraf libido dan saat ini sedang dibahas oleh tim Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu), yang terdiri dari Jaksa Agung, Kepolisian, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Kesehatan.

Terkait ada beberapa keberatan dari sejumlah pihak pada hukuman tersebut, mensos menyatakan, semua elemen boleh memberikan pendapat. (Thejakartatimes/E8)

Editor: Elvis Sendouw

Mensos: Hukuman Kebiri Syaraf Libido Demi Hak Anak Reviewed by on . [caption id="attachment_13341" align="alignnone" width="600"] Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa[/caption] Jakarta - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawans [caption id="attachment_13341" align="alignnone" width="600"] Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa[/caption] Jakarta - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawans Rating: 0
scroll to top