Home » NASIONAL » Menteri Susi Usulkan Anggaran KKP Dipangkas Rp. 2,89 T

Menteri Susi Usulkan Anggaran KKP Dipangkas Rp. 2,89 T

Raker MKP 3

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tersenyum saat mendengar pertanyaan dari anggota komis IV DPR dalam rapat kerja Menteri Kelautan dan Perikanan bersama DPR RI Jakarta, Rabu (8/6). (Foto: EOS)

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengusulkan kepada Komisi IV DPR RI, untuk memangkas pagu anggaran pada kementeriannya. Hal ini menyusul Instruksi Presiden (Inpres) No.4 Tahun 2016 tentang Langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian Lembaga (L/T) dan Surat Menteri Keuangan tentang penghematan dan pemotongan belanja K/L tentang perubahan alokasi belanja K/L RAPBNP.

“Pagu awal kita Rp13,8 triliun dan karena ada penghematan kami usulkan sebesar Rp2,89 triliun, selanjut ada penyesuaian PHLN Rp97,8 miliar dan reward Rp159 miliar. Sehingga pagu kami saat ini menjadi Rp11,86 triliun,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Rabu (8/6).

Menteri Susi menilai, rencana pemotongan dana penghematan pagu anggaran 2016 sudah dipikirkan. Pasalnya, sejak Febuari 2016 KKP telah melakukan riset dan evaluasi anggaran dalam persiapan APBNP 2016.

“KKP telah mengusulkan sumber penghematan sebesar Rp. 2,89 triliun terdiri dari rekomposisi kegiatan multiyears contract sebesar Rp 500 miliar atau 17,3 persen. Kegiatan yang dapat ditunda pelaksanaanya sebesar Rp. 671 miliar atau 23,23 persen dan efisiensi unit cost dan kegiatan pendukung sebesar Rp. 1,71 triliun atau 59 persen”, jelas Susi.

Sempat terjadi pembahasan yang cukup alot antara Komisi IV DPR RI dengan KKP. Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron berpendapat, pemotongan yang diajukan oleh KKP tidak mendasar pada kepentingan rakyat.

“Apakah dengan pengurangan sebesar 2,89 T ini mempengaruhi kinerja? Bisa dilakukan multilyears, bisa berlangsung secara keseluruhan? Misalkan budidaya, pengadaan benih dan pakan, kok malah dikurangi. Tapi mengapa malah ada pengadaan kapal pengawas? Padahal saya rasa Ibu Susi sudah hebat memberantas illegal fishing.”, ungkap Herman.

Hal senada juga dikatakan oleh anggota Koisi IV DPR lainnya, Hamdani, “Dalam Inpres No.4 yang lebih ditekankan sebenarnya pengurangan perjalanan dinas dan honorer yang perlu dikurangi, tapi mengapa ini malah pada program prioritas KKP?”, imbuhnya.

Menjawab pertanyaan tersebut, Menteri Susi menegaskan bahwa dalam rencana perubahan anggaran yang diajukan KKP, hal yang dikurangi adalah unit cost-nya saja.

“Pengadaan benih, pakan dan asuransi nelayan tetap ada Pak. Yang dikurangi itu hanya unit costnya saja. Kalau semua dihilangkan, ya bagaimana KKP menunjukkan kinerjanya ke masyarakat Pak. Nah dalam unit cost itu, sudah ada yang termasuk perjalanan dinas”, jawab Susi.

Sebelumnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI, KKP telah mengusulkan pengurangan anggaran sebesar Rp. 2,89 T, usulan pemanfaatan reward dari Kementerian Keuangan senilai Rp 159 Miliar, serta penyesuaian PHLN (Pinjaman dan Hibah Luar Negeri) sebesar Rp 97 miliar.

Terkait dengan Inpres No.4 Tahun 2016, KKP telah menyampaikan surat ke Kemenkeu Nomor B.405/SJ/RC.420/V/2016 tanggal 26 Mei tentang perubahan alokasi belanja kementerian/lembaga dalam RAPBN-P 2016. Sampai saat ini usulan revisi DIPA RAPBN-P 2016 masih dalam proses pengusulan ke Kementerian Keuangan. (Thejakartatimes/EOS/Sumber NewsKKP.go.id)

Menteri Susi Usulkan Anggaran KKP Dipangkas Rp. 2,89 T Reviewed by on . [caption id="attachment_15081" align="alignleft" width="600"] Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tersenyum saat mendengar pertanyaan dari anggota k [caption id="attachment_15081" align="alignleft" width="600"] Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tersenyum saat mendengar pertanyaan dari anggota k Rating: 0
scroll to top