Home » EKONOMI » Menhub Budi Tinjau Transportasi Ramah Disabilitas

Menhub Budi Tinjau Transportasi Ramah Disabilitas

myblue-bird

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) didampingi Ketua Umum Organda Andre Djokosoetono (kanan) berbincang dengan penyandang disabilitas Amin (kiri) yang mencoba fasilitas taksi blue bird khusus disabilitas saat melakukan inspeksi di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (16/10). Kemenhub berusaha mewujudkan seluruh moda transportasi dapat saling terintegrasi serta ramah bagi disabilitas.  * (Foto:Vian)

Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Gambir. Menhub mengecek sarana transportasi ramah disabilitas hingga integrasi antarmoda di Stasiun Gambir.

Menhub datang ke Stasiun Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2016) pukul 14.30 WIB. Menhub lantas memeriksa bus pemadu moda jurusan Bandara Soekarno-Hatta dan ke Lampung.

Kemudian Menhub mengecek bus TransJakarta yang sedang uji coba untuk masuk ke Stasiun Gambir, termasuk kelayakan untuk warga disabilitas. Serta mengecek taksi Blue Bird yang menyediakan armada untuk warga disabilitas.

Sekitar 10 warga disabilitas, meliputi tunadaksa yang berkursi roda hingga tunanetra yang memakai tongkat tampak menggunakan sarana transportasi itu.

Menhub sempat menghampiri seorang disabilitas bernama Amin (33) di atas kursi roda, yang sedang menggunakan taksi Blue Bird dengan armada untuk warga disabilitas.

“Pak, kalau mau bikin kebijakan, sebaiknya kami dilibatkan,” tutur Amin.

“Iya, iya,” jawab Menhub Budi.

Amin pun mengungkapkan kesannya bahwa sarana transportasi kini perlahan sudah ramah pada disabilitas.

“Kalau TransJakarta itu masuknya sudah enak, di atasnya cuma untuk 1 kursi roda. Minimal dualah. Kursi dekat posisi kursi roda harusnya bisa dilipat,” saran dia.

Sedangkan untuk kursi taksi, dia ingin armada taksi bisa memuat kursi roda, jadi tak perlu pindah.

“Ini kursinya lebih baik bukan seperti ini, banyak orang yang nggak bisa naik kursinya karena kondisinya lebih parah dari saya. Saya ingin kursi roda masuk ke dalam mobil,” harap Amin. *(Thejakartatimes/Vian)

*Editor/Won

Menhub Budi Tinjau Transportasi Ramah Disabilitas Reviewed by on . [caption id="attachment_15883" align="alignnone" width="600"] Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) didampingi Ketua Umum Organda Andre Djokosoeto [caption id="attachment_15883" align="alignnone" width="600"] Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kedua kanan) didampingi Ketua Umum Organda Andre Djokosoeto Rating: 0
scroll to top