Home » Hukum » Membekali Wawasan Nilai Kebangsaan, Lemhanas Berikan Pelatihan Untuk Pelatih, Dosen, Guru dan Widyaiswara Se Sumatera Utara

Membekali Wawasan Nilai Kebangsaan, Lemhanas Berikan Pelatihan Untuk Pelatih, Dosen, Guru dan Widyaiswara Se Sumatera Utara

gambar.png

 

Medan – Thejakartatimes Memberikan  Wasasan Kebangsaan untuk Pelatihan untuk Pelatih (ToT) yang diikuti tidak kurang dari 100 peserta ini, dibuka langsung oleh Gubernur Lemhanas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, dan berlangsung dari 19-29 Maret 2019, dengan materi teori, praktik dan diakhiri kegiatan outbound.

Lemhanas RI melaksanakan pelatihan untuk pelatih (Training of Trainers/ToT) nilai-nilai kebangsaan bagi dosen, guru dan widyaiswara se Sumatera Utara, bertempat di Arya Duta Hotel Medan, Selasa (19/3/2019).

Dalam sambutannya, Gubernur Lemhanas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjelaskan, pelatihan ini untuk memberikan pembekalan kepada dosen, guru dan widyaiswara sebagai kader nilai-nilai kebangsaan untuk disampaikan kepada peserta didik di lingkup masing-masing.

Diharapkan dengan melalui pelatihan untuk pelatih ini, pembekalan terhadap konsensus empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI yang diterima para peserta, bisa lebih dimantapkan implementasinya kepada para anak didik sebagai generasi penerus bangsa,” kata Gubernur Lemhanas RI.

Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menambahkan, ada dua aspek materi yang disampaikan dalam pelaksanaan ToT ini. Yaitu, konten atau substansi materi tentang nilai-nilai dan wawasan kebangsaan, serta tentang bagaimana cara penyampaian di dalam berbagai tingkatan dan karakteristik komponen peserta didik.

gambar.pngDan Pembekalan nilai-nilai kebangsaan ini, diakui Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo sangat penting dilakukan, karena hal ini sebagai sebuah pondasi yang telah diletakkan oleh para pendiri bangsa (founding fathers), berdasarkan karakteristik atau takdir yang diberikan kepada bangsa Indonesia untuk hidup dalam sebuah wilayah geografis yang sama di dalam ciri kebhinnekaan.

lanjut Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, yang harus ditularkan kepada generasi milenials Indonesia, karena pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan tidak bisa diharapkan turun dengan sendirinya dari langit.
Dan juga menegaskan posisi para peserta sebagai kader nilai-nilai kebangsaan yang berperan sebagai garda bangsa terhadap upaya-upaya yang ingin memecahbelah kohesi bangsa Indonesia dalam bingkai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Dengan diakhir penjelasannya, Gubernur Lemhanas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo kembali menegaskan, bahwa pelaksanaan ToT ini untuk menularkan, mendeseminasikan, dan menyosialisasikan nilai-nilai kebangsaan, agar terus dipelihara dan diimplementasikan secara efektif, sehingga kita semua akan berdiri sama dalam sebuah bangsa dengan ciri kebhinnekaan.
Dalam acara Pelatihan Untuk Pelatih yang Turut mengadiri dalam acara itu , antara lain perwakilan Gubernur Sumut, perwakilan Kodam I/BB, perwakilan Polda Sumut, perwakilan Pemko Medan, dan pihak terkait lainnya. [ Binsar Simatupang ]

 

 

 

 

 

Membekali Wawasan Nilai Kebangsaan, Lemhanas Berikan Pelatihan Untuk Pelatih, Dosen, Guru dan Widyaiswara Se Sumatera Utara Reviewed by on .   Medan – Thejakartatimes Memberikan  Wasasan Kebangsaan untuk Pelatihan untuk Pelatih (ToT) yang diikuti tidak kurang dari 100 peserta ini, dibuka langsun   Medan – Thejakartatimes Memberikan  Wasasan Kebangsaan untuk Pelatihan untuk Pelatih (ToT) yang diikuti tidak kurang dari 100 peserta ini, dibuka langsun Rating: 0
scroll to top