Home » Daerah » Mandiri Jogja Marathon 2017, Ajang Promosi Wisata & Budaya

Mandiri Jogja Marathon 2017, Ajang Promosi Wisata & Budaya

mandiri-jogja-6a

Yogyakarta – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Komisaris Utama Bank Mandiri Wimboh Santoso dan Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo secara resmi membuka Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2017, di kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (23/4/2017).

Sebanyak 6.210 pelari turut serta  dalam ajang marathon internasional yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta dan Bank Mandiri ini untuk mempromosikan keindahan alam dan budaya lokal tersebut.

Ajang ini melombakan 4 kategori, yakni 42 km (full marathon) diikuti oleh 1,075 pelari, 21 km (half marathon) sebanyak 1.660 pelari,  10 km diikuti oleh 1.535 pelari dan kategori 5 km yang dikuti sebanyak 1.940 pelari.

Memilih lokasi start dan finish di kawasan Candi Prambanan, lomba marathon internasional yang baru pertama kali diselenggarakan di Yogyakarta itu menempuh rute-rute yang memperlihatkan keindahan alam dan kekayaan budaya lokal dengan melewati 13 desa dan 3 tujuan wisata utama di Yogyakarta, yakni Candi Prambanan, Candi Plaosan dan Monumen Taruna.

mandiri jogja marathon-5ajpg

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan, melalui penyelenggaraan Mandiri Jogja Marathon, perseroan berharap dapat turut mengembangkan sport tourism di Tanah Air, khususnya di wilayah-wilayah yang memiliki potensi wisata yang besar.

“Sebagai kota budaya, Yogyakarta perlu memiliki event olahraga yang bisa mengangkat dan mempromosikan kekayaan budayanya di tingkat internasional sehingga bisa meningkatkan angka kunjungan wisata di Yogyakarta, pada khusunya dan Indonesia, pada umumnya. Ke depan, kami berharap bisa terus meningkatkan kualitas Mandiri Jogja Marathon ini agar semakin banyak pelari yang ikut dan hadir di Yogyakarta,” kata Kartika, disela acara Mandiri Jogja Marathon 2017

Tercatat, sebanyak 11 pelari internasional dari 4 negara, yakni Singapura, Malaysia, Thailand dan AS serta 20 pelari nasional, seperti Agus Prayogo, turut ambil bagian dalam ajang bertajuk “Mandiri Jogja Marathon (MJM)” ini.  Adapun total hadiah yang diraih para pemenang dalam ajang ini mencapai Rp783,5 juta.

“Sebagai ajang marathon pertama di Yogyakarta, kami cukup puas dengan animo peserta yang ambil bagian. Ini menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya berolahraga, serta semakin populernya olahraga lari di Tanah Air,” lanjut Kartika.

Lebih lanjut  Kartika menuturkan, Bank Mandiri juga ingin menjadikan ajang marathon internasional ini sebagai event untuk memperkenalkan produk keuangan yang dimiliki Bank Mandiri, khususnya sebagai alat pembayaran.

mandirimaraton-b

Sebagai rangkaian Mandiri Jogja Marathon, Bank Mandiri juga menyelenggarakan Mandiri Karnaval yang akan menampilkan hiburan musik dari musisi lokal, bazzar kuliner dan produk kreasi UMKM binaan Pemprov DI Yogyakarta dan Bank Mandiri.

“Guna memberikan brand experience kepada para pengunjung, seluruh transaksi pembelanjaan di arena Mandiri Karnaval akan menggunakan alat pembayaran non tunai Bank Mandiri yang meliputi kartu debit, kartu kredit, kartu prabayar Mandiri e-Money serta Mandiri e-cash,” pungkas  Kartika.

Berikut para jawara Mandiri Jogja Marathon 2017, yatu:  Sain Alim tampil menjadi pelari  tercepat pada kelas paling bergengsi, kategori 42 km open putra, dengan catatan waktu 2:49:21 dan meraih hadiah Rp70 juta. Runner up diraih pelari Eldak Kafolamau dengan waktu 2:53:20 dan peringkat ketiga direbut Ishari setelah membukukan waktu 3:03:01.

Sedangkan pada kategori 42 km open wanita, tampil sebagai yang tercepat pelari Yulianingsih dengan waktu 3:07:33 dan juga meraih Rp70 juta. Sementara runner up dan peringkat ketiga diraih pelari Mery Paijo dan Irma Handayani dengan catatan waktu masing-masing 3:13:25 dan 3:28:12.

*(Thejakartatimes/Teks & foto:Sarwono).

 

 

Mandiri Jogja Marathon 2017, Ajang Promosi Wisata & Budaya Reviewed by on . Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Komisaris Utama Bank Mandiri Wimboh Santoso dan Dirut Bank Mandir Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Komisaris Utama Bank Mandiri Wimboh Santoso dan Dirut Bank Mandir Rating: 0
scroll to top