Home » METRO » Malam Dana GKPI Pondok Ranggon Jakarta Wujud Nyata Persatuan

Malam Dana GKPI Pondok Ranggon Jakarta Wujud Nyata Persatuan

Penampilan Paduan Suara GKPI Pondok Rangon Jakarta (IST)

Penampilan Paduan Suara GKPI Pondok Rangon Jakarta (IST)

JAKARTA – Renungan diambil dari 2 Korintus 8: 13-14 oleh Pdt. Dr. Anwar Tjen. Konteks surat Paulus berbicara tentang pengumpulan bantuan kepada jemaat induk yang miskin di Yerusalem. Prinsipnya adalah keseimbangan.

Jika Injil sudah menjadi berkat bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi (goyim), maka wajarlah bila bangsa-bangsa yang tadinya tidak termasuk umat perjanjian Tuhan ini berbagi berkat pula kepada umat Kristus perdana yang berlatarbelakang Yahudi.

Kristus yang kaya menunjukkan teladan-Nya dengan menjadi miskin supaya kita menjadi kaya dalam pelayanan kasih (2 Korintus 8:9).

Ditegaskan pula bahwa kita semua sesungguhnya adalah orang-orang yang “berhutang” pada kebaikan Tuhan yang telah mengampuni kita dengan menghapus surat hutang kita melalui pengorbanan-Nya di salib.  (Kol 2.17).

Gereja Kristen Protestan Indonesia yang berpusat di Pematangsiantar di masa-masa awal berdirinya selalu diingatkan akan hutang yang harus dilunasinya: pertama, hutang misi supaya Injil sampai kepada segala bangsa dalam berbagai aspek kehidupan; kedua, hutang diakoni supaya Injil sebagai Kabar Baik mempunyai buah yang nyata dalam kehidupan jemaat dan masyarakat.

Renungan tersebut disampaikan dalam kerinduan jemaat GKPI Pondok Ranggon untuk memiliki pertapakan yang lebih luas sehingga lebih memadai dari rumah ibadah yg saat ini berukuran 5×12 m2. Keterbatasan ini menyebabkan kebaktian Sekolah Minggu tidak bisa dilakukan di dalam gereja tetapi berganti-ganti di rumah jemaat. Peluang untuk memiliki tempat yang lebih luas, yaitu tanah yang berada tepat di samping gereja ditawarkan pemiliknya yang non kristiani.

Malam Dana GKPI Pondok Ranggon dilakukan dengan semangat kebersamaan mengingat Firman Tuhan Dalam Galatia 6:2 “Bertolong-tolonganlah kamu menanggung bebanmu. Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” Malam Dana dilakukan dengan bersahaja, tanpa ada artis atau penyanyi professional. Namun, kebersahajaan itu terbukti tidak mengurangi maknanya dan malah menjadi kesempatan untuk memuji Tuhan dengan menampilkan berbagai bakat seni dan talenta yang dimiliki jemaat.

GKPI Pondok Ranggon adalah salah satu jemaat yang paling beragam latar belakang etnisnya sesuai dengan visi awal para perintis GKPI untuk menghadirkan gereja Tuhan yang mengakar dan bertumbuh dalam konteks kebhinnekaan Indonesia.

Dalam ibadah dan acara penggalangan dana tersebut ditampilkan berbagai pujian dan tarian oleh Sekolah Minggu, Pemuda-pemudi, Sie Perempuan dan Sie Pria GKPI Pondok Rangan. Selain itu juga berpartisipasi Vokal Grup STT Jakarta, Paduan Suara Sola Gratia GKPI Menteng, Paduan Suara Sie, dan Pria GKPI Menteng. (red)

 

Malam Dana GKPI Pondok Ranggon Jakarta Wujud Nyata Persatuan Reviewed by on . [caption id="attachment_21990" align="alignnone" width="800"] Penampilan Paduan Suara GKPI Pondok Rangon Jakarta (IST)[/caption] JAKARTA - Renungan diambil dari [caption id="attachment_21990" align="alignnone" width="800"] Penampilan Paduan Suara GKPI Pondok Rangon Jakarta (IST)[/caption] JAKARTA - Renungan diambil dari Rating: 0
scroll to top