Home » METRO » LAN RI Mengadakan Uji Publik Sekolah Kader

LAN RI Mengadakan Uji Publik Sekolah Kader

Sekolah Kader yang diadakan oleh LAN RI untuk para ASN bertalenta.

Sekolah Kader yang diadakan oleh LAN RI untuk para ASN bertalenta tinggi.

JAKARTA – Dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045, Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantangan baik dari lingkungan global maupun regional termasuk fenomena Global Megatrends  yang nantinya akan dihadapi oleh pemerintah.

Global Megatrends sendiri sejatinya menekankan kepada setiap negara bahwa perubahan dan dinamika lingkungan strategis telah menciptakan konteks baru yang bersifat disruptif, dan menuntut para pemangku kepentingan untuk mengubah cara pandangnya serta metode kerjanya dalam merespon perubahan global baik dalam proses adopsi maupun adaptasi. Karena kegagalan suatu negara melakukan respon secara cepat dan tepat terhadap fenomena Global Megatrends maka akan mengakibatkan sulitnya proses pencapaian tujuan pembangunan nasional yang telah dicanangkan. Dan dalam konteks Indonesia, jika pemerintah gagal merespon Global Megatrends, maka Indonesia di tahun 2045 tidak akan se-emas seperti yang dicita-citakan.

Untuk menjawab berbagai tantangan tersebut maka sesuai dengan visi Presiden Jokowi, pemerintah akan mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta-talenta Indonesia.

“Dalam beberapa bulan terakhir ini Jokowi mengatakan waktu kampanye bahwa pemerintah akan memberikan fasilitas bagi ASN yang memiliki talenta. Memiliki talenta berarti menjadi SDM yang unggul,” ucap Tri Widodo.

Kondisi birokrasi negara yang masih jauh dari kata ideal memang memerlukan para ASN yang bertalenta dalam melakukan perbaikan dan terobosan baru. Jika para talenta tinggi tersebut dapat diserap dan diutilisasi secara optimal dalam birokrasi maka diharapkan para ASN dapat memiliki multiplier effect terhadap peningkatan kinerja birokrasi dan bahkan dapat menghasilkan outcome berupa peningkatan daya saing, terwujudnya world class bureaucracy dan tercapainya visi Indonesia Emas 2045.

“Sekolah Kader di LAN memiliki sistem kompetensi yang menyediakan pengembangan manajerial dan tehnisnya sehingga diharapkan bisa menghasilkan kader yang memiliki talenta komprehensif dan bisa berkompetensi secara global,” lanjut Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Tri Widodo Wahyu Utomo di acara uji publik Sekolah Kader kader di Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta Pusat, Selasa (15/10).

“Sejalan dengan visi Presiden Jokowi, maka langkah inisiasi formulasi kebijakan sudah mulai dilakukan melalui formulasi kebijakan sekolah kader.  Pasal 1 Angka 29 dalam Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Sekolah Kader didefinisikan sebagai sistem pengembangan kompetensi yang bertujuan untuk menyiapkan pejabat administrator melalui jalur percepatan peningkatan jabatan. Pembentukan Sekolah Kader sebagai upaya sistematis untuk mengidentifikasi potensi, kompetensi kepemimpinan dan menawarkan kepastian jalur karir serta proses fast track career bagi para ASN yang bertalenta dan berkinerja tinggi.

“Melalui jalur sekolah kader, mereka yang bertalenta tinggi tidak perlu menunggu sampai 12 tahun lebih untuk menjabat sebagai middle manager eselon 3 atau pejabat administrator. Dengan kata lain, melalui jalur tersebut terdapat peluang bagi para ASN muda yang bertalenta untuk mendapatkan percepatan karir dalam rangka memberikan kinerja terbaik bagi instansi masing-masing. Dalam konteks percepatan karir ini terdapat 3 (tiga) alternatif desain sekolah kader yaitu jalur soft, medium dan radikal dimana melalui sekolah kader dimungkinkan untuk mencapai jabatan administrator dalam waktu 6-7 tahun (medium), dan bahkan 4-5 tahun (radikal),” tambahnya.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI memang diberi kewenangan melakukan pengkajian, pendidikan, dan pelatihan ASN. Selanjutnya, dalam Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil disebutkan bahwa LAN bertanggungjawab atas pengaturan, koordinasi, dan penyelenggaraan pengembangan kompetensi. Dengan kewenangan dan tanggung jawab tersebut, LAN melalui Pusat Pengembangan Kader ASN telah mempersiapkan bahan kebijakan Sekolah Kader dalam bentuk naskah akademik yang dijadikan bahasan dalam forum uji publik dan akan dikukuhkan lebih lanjut dalam Peraturan Presiden dan Peraturan LAN tentang Sekolah Kader yang meliputi sistem rekruitmen peserta sekolah kader, sistem pembelajaran, sampai pada sistem penempatan ke dalam jabatan administrator melalui jalur percepatan.

“Melalui forum uji publik sekolah kader ini diharapkan dapat terbangun komitmen bersama serta tercipta langkah sinerjik untuk percepatan penyiapan instrument kebijakan sekolah kader ini pada tahun 2019, penyiapan bahan ajar pada tahun 2020, dan penyelenggaraan sekolah kader pada tahun 2021 untuk menyiapkan para ASN bertalenta tinggi untuk menjadi pengungkit pencapaian Indonesia Emas 2045 dan birokrasi Indonesia berkelas dunia. Karena Sekolah Kader ini merupakan produk bersama Kemenpan RB, BKN, Bapenas, Setneg, dll. Dan peserta yang dikirim dari Pemda sudah terlebih dahulu melalui tahapan seleksi,” pungkasnya.  (Danur Santi)

LAN RI Mengadakan Uji Publik Sekolah Kader Reviewed by on . [caption id="attachment_23321" align="alignnone" width="300"] Sekolah Kader yang diadakan oleh LAN RI untuk para ASN bertalenta tinggi.[/caption] JAKARTA - Dala [caption id="attachment_23321" align="alignnone" width="300"] Sekolah Kader yang diadakan oleh LAN RI untuk para ASN bertalenta tinggi.[/caption] JAKARTA - Dala Rating: 0
scroll to top