Home » Featured » Kemensos Gandeng Tahir Foundation Layani Anak Jalanan

Kemensos Gandeng Tahir Foundation Layani Anak Jalanan

mensos-001

Menteri Sosial Indar Parawansa bersama CEO Tahir Foundation  Dato Sri Tahir, menunjukan berkas penandatangannya kerjasama anatara Kementerian Sosial dengan Tahir Foundation, di Gedung Aneka Bhakti, Kantor Kemensos, Jakarta, Jumat (19/05/2017).   *(Thejakartatimes/Sarwono).

Jakarta – Kementerian Sosial dan Tahir Foundation bekerja sama dalam menangani masalah anak jalanan dengan membangun Pusat Penelitian dan Pelayanan Anak Jalanan, senilai total Rp100 miliar di tiga lokasi yakni Jakarta, Surabaya dan Medan.

Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman antara Kementerian Sosial dengan Tahir Foundation yang ditandatangani oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dengan Dato Sri Prof Tahir di Gedung Aneka Bhakti Kemensos,  Jakarta, Jumat (19/05/2017).

Penandatanganan tersebut dirangkai dengan peringatan Isra Mi’raj Kementerian Sosial beserta seluruh mitra kerja dan masyarakat, serta bertepatan dengan ulang tahun Mensos Khofifah Indar Parawansa.

Mensos Khofiah mengatakan anak jalanan masih merupakan masalah kesejahteraan sosial yang serius di Indonesia. Jumlah anak jalanan tahun 2015 sebanyak 33.400 anak tersebar di 16 Provinsi. Sedangkan anak jalanan yang mendapatkan layanan Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) baru mencapai 6.000 pada 2016.

“Belum semua anak jalanan ini tetangani oleh pemerintah, maka perlu uluran tangan dan kerja sama berbagai pihak untuk mengembalikan mereka ke lingkungan yang baik, kembali ke sekolah, kembali kepada keluarga dan orang tua,” kata Mensos.

Tahir Foundation akan memberikan bantuan sebesar Rp100 miliar untuk pembangunan gedung pusat penelitian dan pelayanan anak jalanan di tiga kota yaitu Jakarta, Surabaya dan Medan.

Pusat penelitian dan pelayanan anak jalanan tersebut akan menjadi pusat rehabilitasi sosial anak jalanan dan aktifitas pengembangan potensi anak lainnya.

Selain itu juga mempunyai fasilitas untuk pendidikan juga dilengkapi fasilitas pelatihan keterampilan, workshop, fasilitas olahraga serta kebun untuk bercocok tanam.

Dengan berbagai fasilitas tersebut diharapkan anak jalanan yang memiliki bakat dan minat dapat dilatih untuk memiliki keterampilan khusus dan keahlian tertentu sehingga mampu mandiri bila masuk ke dunia kerja.

“Harapan kita akhir tahun ini tidak ada lagi anak jalanan di Jakarta. Pusat penelitian dan pelayanan ini diharapkan juga ikut meringankan beban anak jalanan dan kemiskinan. Saya ingin mereka kembali ke sekolah, belajar dengan baik dan berprestasi,” pungkas Tahir.   *(Thejakartatimes/Won).

Kemensos Gandeng Tahir Foundation Layani Anak Jalanan Reviewed by on . [caption id="attachment_17856" align="alignnone" width="600"] Menteri Sosial Indar Parawansa bersama CEO Tahir Foundation  Dato Sri Tahir, menunjukan berkas pen [caption id="attachment_17856" align="alignnone" width="600"] Menteri Sosial Indar Parawansa bersama CEO Tahir Foundation  Dato Sri Tahir, menunjukan berkas pen Rating: 0
scroll to top