Home » Uncatagories » Kapal KRI Lepu 861 milik TNI AL amankan kapal sinar bawa barang seludupan

Kapal KRI Lepu 861 milik TNI AL amankan kapal sinar bawa barang seludupan

gambar.png

TNI AL Tangkap Kapal Penyelundup Bawang Merah Di Perairan Sumut Dan Aceh

BELAWAN – Thejakartatimes

KRI Lepu-861 milik TNI angkatan Laut melakukan penangkangkapan  terhadap Kapal Motor { KM}. Sinar bobot 26 GT yang membawa bawang merah tampa adanya dokumen dimana bawang mearh itu berasal dari Negara tetangga Malaysia dan melanggar Undang-Undang Kepabeanan serta Serta Undang-Undang Pelayaran di sekitar perairan Sumatera Utara dan Aceh Tamiang, Kemarin

 

Penangkapan kapal motor Sinar itu berawal dari kapal patroli KRI Lepu-861 yang melakukan patroli di sekitar perairan Sumatera Utara dan Aceh Tamiang.Dalam patroli itu Kapal  KRI Lepu 861 yang Komandan Mayor KRI Laut (P) Martensyah  melihat adanya kapal Sinar mencurigakan oleh Martensyah memerintahkan untuk melakukan  pengejaran terhadap Kapal yang diduga membawa barang ilegal.

Dalam pengejaran itu  juga melibatkan sekoci KRI Lepu-861, dikarnakan Kapal Sinar  yang berusaha menghindari dari pengejaran dan berhasil dihentikan.Selanjutnya oleh Petugas dilaksanakan dan pemeriksaan dan  Penggeledahan terhadap dokumen dan ABK kapal serta muatan barang dikapal tersebut.

Dalam pemeriksaan itu teryata Kapal didapati membawa muatan bawang merah tanpa dokumen. Setelah dilakukan pemeriksaan Pemilik kapal Saiful warga Desa Harban, dan Nakhoda kapal bernama Rahmad serta   3 orang ABK yang semuanya merupakan warga Seruway Aceh Tamiang,

diketahui Dimana Rute pelayaran  kapal Sinar dari Penang (Malaysia) tujuan Aceh Tamiang (Indonesia),drngan bermuatan Bawang Merah sebanyak 4080 Karung diperkirakan 38,76 Ton.Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap ABK Kapal KM. Sinar  teryata didalam kapal membawa bawang merah barang Lartas (impor) dari Malaysia tujuan ke Indonesia serta melanggar UU Nomor 17 tentang Pelayaran dan undang –undang kepabeanan membawa barang dari Negara Malaysia tampa membawa dokumen barang.

Oleh Komandan KRI Lepu-861 langsung memerintahkan agar Kapal KM. Sinar diboyong dan dikawal menuju dermaga ke Lantamal I Belawan untuk dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.Oleh Petugas TNI AL  lalu menyerahkan barang bukti itu kepada pihak Bea Cukai dan dimana kapal Sinar telah berada di Mako Lantamal I Belawan.

Komandan Lantamal I Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si mengatakan atas keberhasilan KRI Lepu-861 dapat menggagalkan penyelundupan bawang merah ilegal dari Malaysia merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam hal ini dilaksanakan dalam rangka Penegakkan hukum dan kedaulatan NKRI di Laut  ” Katanya. (Binsar Simatupang  ).

 

 

 

Kapal KRI Lepu 861 milik TNI AL amankan kapal sinar bawa barang seludupan Reviewed by on . TNI AL Tangkap Kapal Penyelundup Bawang Merah Di Perairan Sumut Dan Aceh BELAWAN – Thejakartatimes KRI Lepu-861 milik TNI angkatan Laut melakukan penangkangkapa TNI AL Tangkap Kapal Penyelundup Bawang Merah Di Perairan Sumut Dan Aceh BELAWAN – Thejakartatimes KRI Lepu-861 milik TNI angkatan Laut melakukan penangkangkapa Rating: 0
scroll to top