Home » Featured » Indonesian Enduro Series 2016, Kompetisi Sepeda Gunung Pertama di Indonesia

Indonesian Enduro Series 2016, Kompetisi Sepeda Gunung Pertama di Indonesia

Indonesian Enduro Series 2016 - Photo 4

Tampak dlam gambar  : Ical Hardiyana selaku Ketua Panitia Penyelenggara (ketiga dari kiri), Echwan Fachrudin, Technical Advisor (keempat dari kiri), AT Wiryawan, Registration & Administration (kedua dari kanan), Gempur Soeharto, Race Regulation (keenam dari kiri) dan Pratomo Setyadi, Race Director (paling kanan), di acara Media Briefing Indonesian Enduro Series 2016.  *(Won)

Jakarta  – Indonesia segera memiliki sebuah ajang kompetisi  sepeda gunung bergengsi tingkat nasional, yaitu  dengan  hadirnya ajang kompetisi bertajuk ‘Indonesian Enduro Series 2016’,  yang bakal digelar dengan menggunakan 4 track, mulai  29 Mei 2016 mendatang.

Direktur Indonesia Enduro Series, Ical Hardiyana selaku panitia penyelenggara kompetisi ‘Indonesian Enduro Series 2016’, mengatakan terselenggaranya ajang tersebut,  berawal  dari sukses digelarnya pemanasan kompetisi enduro sepeda gunung tingkat Asia di bulan Oktober 2015 lalu, yaitu ‘The Asian Enduro Series 2015 – Warm Up’.  Indonesia sebagai tuan rumah  terbukti meloloskan  atlit sepeda gunung,   yang tak kalah bersaing dari atlit Asia.

“Inilah yang kemudian menginisiasi kami untuk serius menggelar ajang kompetisi enduro tingkat nasional pertama di Indonesia yang sesuai standar Asian enduro dan enduro World Series. Kami melihat bahwa selama ini Indonesia belum memiliki ajang kompetisi enduro yang mengadaptasi standar Asian enduro dan world series. Karena itu ajang ‘Indonesian Enduro Series 2016’  dapat  dimanfaatkan  para penggila sepeda gunung untuk unjuk kemampuan,  sekaligus mencari bakat terpendam yang dapat mewakili Indonesia di ajang enduro tingkat Asia dan  dunia,” kata Ical, dalam acara Media Briefing,  di Jakarta, Selasa (24/05/2016).

“Kami  mengusung misi untuk secara global mengembangkan dan memajukan disiplin enduro bagi pesepeda, olahraga dan industri sepeda. Kami berharap dengan kompetisi enduro sesuai standar Asian Enduro dan Enduro World Series tingkat nasional dapat menjadi pembuka bagi terselenggaranya kompetisi secara rutin dan bisa  masuk dalam bagian kompetisi yang terdaftar di Asian Enduro Series (AES) dan Enduro World Series (EWS), karena kami melihat bahwa enduro atau ketahanan/stamina juga merupakan bagian penting dari olahraga bersepeda dan peminatnya di Indonesia pun cukup banyak”, tambahnya

‘Indonesian Enduro Series’ ini  akan dilaksanakan di 4 kota dengan 4 track sepeda terbaik saat ini yaitu:  KTH Bike Park Puncak, Bogor (29 Mei 2016), Klangon & Tritis Jogjakarta (31 Juli 2016), Tutur Welang Bromo Jawa Timur (9 Oktober 2016) dan Bedugul Bali (27 November 2016).

“Kami tidak ingin membuat track baru,  karena Indonesia sudah memiliki track-track yang bagus yang merupakan favorit   bagi penggemar endoro Tanah Air. Selain itu salah satu tujuan utama bermain sepeda All Mountain selain berolahrga juga rekreasi, maka di track yang ada di 4 kota tersebut juga memiliki pemandangan alam yang luar biasa yang dapat dinikmati sambil mengikuti kompetisi enduro ini,” tutur Ical.

Pratomo Setyadi (Tomo) selaku Race Director ‘Indonesian Enduro Series 2016’ menjelaskan bahwa teknis perhitungan waktu dengan menggunakan System Race Digital Online dan Real Time.

“Kami ingin mengedukasi para peserta untuk berlomba secara jujur dan sportif. Untuk itu dengan sistem perhitungan ini kami percaya hasil yang nantinya keluar sudah merupakan hasil yang akurat dan terpecaya”kata Pratomo.

Lebih lanjut Pratomo menerangkan  tentang perbedaan antara ‘Indonesia Enduro Series’ dengan kompetisi-kompetisi sebelumnya yang mengatasnamakan enduro.    ‘Indonesia Enduro Series merupakan kompetisi enduro yang sesungguhnya.

“Kompetisi enduro series yang pertama di Indonesia ini  mengacu pada tatanan dan regulasi Asian Enduro Series dan Enduro World Series serta menggunakan sistem point untuk mencari pemenang. Sehingga Indonesia Enduro Series menjadi satu-satunya kompetisi enduro yang terpercaya dan sesuai lisensi Asia dan dunia” pungkasnya.  *(Thejakartatimes/Sarwono)

 

Indonesian Enduro Series 2016, Kompetisi Sepeda Gunung Pertama di Indonesia Reviewed by on . [caption id="attachment_14899" align="alignnone" width="600"] Tampak dlam gambar  : Ical Hardiyana selaku Ketua Panitia Penyelenggara (ketiga dari kiri), Echwan [caption id="attachment_14899" align="alignnone" width="600"] Tampak dlam gambar  : Ical Hardiyana selaku Ketua Panitia Penyelenggara (ketiga dari kiri), Echwan Rating: 0
scroll to top