Home » Featured » Hormati Leluhur Budaya Batak, Hasiholan Siahaan Luncurkan Buku Mangongkal Holi

Hormati Leluhur Budaya Batak, Hasiholan Siahaan Luncurkan Buku Mangongkal Holi

nnn

Fotografer Hasiholan Siahaan (kiri),  memberikan penjelasan kepada Menteri  Desa PDT, Eko Putro Sandjojo (kanan), disela peluncuran buku  bertajuk “Mangongkal Holi”.   *(foto:Dadang).

zzz

zzz

Peluncuran Buku Toba_DAS4

Jakarta – Berkolaborasi dengan Kedutaan Perancis di IFI Wijaya, Jakarta Selatan, Kamis (24/08/2017), Fotografer Profesional Hasiholan Siahaan XIV meluncurkan sebuah Buku yang berisikan karya terbaiknya bertajuk “Mangongkal Holi”, serta pameran fotografi perihal foto kehidupan masyarakat Toba Samosir, yang digelar hingga September mendatang

Hadir dalam peluncuran Buku Mangokal Holi dan Pameran foto tersebut Wakil Duta Besar Perancis. Jean Charles Berthonet, Menteri Desa PDT Eko Putro Sandjojo, Anggota DPR RI Komisi IX Maruarar Sirait, Desainer Busana Batak, Merdi Sihombing, Mantan Deputy Gubernur BI Miranda Goeltom. “

“Saya sangat setuju jika seni budaya dan tempat bersejarah di Danau Toba merupakan aset pariwisata lokal yang harus dijaga bersama oleh bangsa ini. Bukan hanya Danau Toba saja, tapi semua provinsi di seluruh Indonesia yang begitu kaya dan kental dengan keberagaman dan toleransinya harus terus dijaga,” ujar Hasiholan dalam  sambutannya.

Sebagai putra Batak, Hasiholan yang akrab disapa Olan dilahirkan di kota Medan, bersekolah di Jakarta dan bekerja di jantung metropolitan ini memahami betul apa artinya suatu keyakinan yang sangat kuat bagaimana orangtuanya mengajarkan tradisi pluralisme kepada semua orang.

“Ajaran leluhur dengan budaya lokalnya merupakan modal kita sebagai bangsa Indonesia untuk terus maju, petuah orang tua dengan bekerja keras, bekerja cerdas, berhati-hati dan Tuhan yang menentukan segalanya,” tutur  Olan panggilan akrabnya.

Sementara  Anggota DPR RI Komisi IX, Maruarar Sirait, mengatakan saat ini sangat dibutuhkan generasi –generasi muda yang punya rasa kepedulian terhadap pelestarian budaya bangsa.

“Peluncuran bertajuk “Mangongkal Holi” serta pameran fotografi perihal kehidupan masyarakat Toba Samosir adalah sebuah prestasi dari Potografer Hasiholan Siahaan yang patut diapresiasi dan diacungi jempol,” kata Anggota DPR RI Komisi IX Maruarar Sirait dalam sambutannya.

“Tidak hanya soal budaya Batak tapi semua kekayaan budaya bangsa yang ada di negeri ini, agar orang francis tahu dan mau berkunjung ke Indonesia,” tutur  Maruarar,  sambil membeli buku karya Hasiholan untuk disumbangkan ke Pusat kebudayaan Francis.

Tidak hanya Maruarar, Menteri Desa PDT Eko Putro Sandjojo serta Mantan Deputy Gubernur BI Miranda Goeltom juga menyampaikan apresiasinya terhadap hasil karya Hasiholan.

Pada kesempatan itu Menteri Desa PDT Eko Putro Sandjojo berharap karya Hasiholan bisa di tuangkan ke media-media lain seperti melalui E-book agar lebih banyak lagi yang bisa membaca karya tersebut.

“Tidak mau kalah sama Maruarar, Saya juga memesan 60 buku,” kata  Eko disambut tepukan meriah hadirin.

Sementara Miranda Goeltom mengusulkan agar buku karya Olan  tidak hanya dicetak dalam bahasa Indonesia tapi juga harus dicetak dengan bahasa asing agar bangsa-bangsa lain bisa membacanya.

“Saya datang karena saya orang Batak dan sangat mengapresiasi karya Hasiolan,” ucap Miranda yang mengaku juga senang menulis bahkan sudah meluncurkan 6 buah buku dalam kariernya.  *(A.Syukur).

Editor: Won 008

Hormati Leluhur Budaya Batak, Hasiholan Siahaan Luncurkan Buku Mangongkal Holi Reviewed by on . [caption id="attachment_18814" align="alignnone" width="600"] Fotografer Hasiholan Siahaan (kiri),  memberikan penjelasan kepada Menteri  Desa PDT, Eko Putro Sa [caption id="attachment_18814" align="alignnone" width="600"] Fotografer Hasiholan Siahaan (kiri),  memberikan penjelasan kepada Menteri  Desa PDT, Eko Putro Sa Rating: 0
scroll to top