Home » Headline » Hindari Politisasi, Ketum DAG Desak Kapolri Ungkap Dalang Kerusuhan Demo 22 Mei

Hindari Politisasi, Ketum DAG Desak Kapolri Ungkap Dalang Kerusuhan Demo 22 Mei

IMG_20190529_093331

Ketua Umum Perkumpulan Demi Anak Generasi (DAG), Edo Panjaitan.

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebaiknya segera melakukan pemeriksaan secara menyeluruh mengenai sejumlah oknum yang diduga sebagai dalang kerusuhan demo 22 Mei terkait hasil Pilpres 2019. Hal itu perlu dilakukan untuk mengakhiri politisasi kerusuhan demo, yang dapat mengancam upaya penegakan hukum.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Perkumpulan Demi Anak Generasi (DAG), Edo Panjaitan, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (28/5/2019).

Edo mengingatkan, Kapolri harus segera memutuskan apakah ada usaha lebih jauh yang membahayakan dan mengganggu stabilitas keamanan di Indonesia, yang dikerjakan oleh kelompok perusuh itu untuk tujuan lain yang lebih fatal.

“Polri maupun pemerintah jangan hanya mengantongi nama dalang kerusuhan demo 22 Mei, ungkap saja siapa dalangnya. Semakin lama nama dalang itu tertahan, spekulasi makin muncul dan itu mengarah kepada politisasi,” kata Edo.

Dia menengarai ada tarik menarik kepentingan politik yang lebih kuat dalam pengungkapan nama-nama dalang kerusuhan demo tersebut. Tarik menarik kepentingan ini dimungkinkan tak hanya terjadi di antara partai politik saja, tetapi juga di kalangan internal purnawirawan jenderal.

“Tarik menarik kepentingan itu terlihat dari lamanya pengungkapan nama dalang kerusuhan demo itu,” kata Edo.

Untuk memudahkan pengungkapan dalang kerusuhan itu, menurut Edo, Kapolri bisa saja membentuk tim gabungan khusus antara Polri dan TNI, yang memetakan tentang pergerakan keseluruhan kelompok perusuh itu, termasuk mendalami pengakuan pelaku kerusuhan, rekaman cctv, dokumentasi foto, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, sergahnya kemudian, hal itu akan mengakhiri spekulasi adanya politisasi terhadap lamanya pengungkapan dalang kerusahan demo tersebut.

“Kapolri diminta tak perlu ragu dan tebang pilih. Bagaimana pun wabah ketakutan sudah meluas akibat kerusuhan demo itu, jangan diberi toleransi lagi,” pungkasnya. (RIL).

Hindari Politisasi, Ketum DAG Desak Kapolri Ungkap Dalang Kerusuhan Demo 22 Mei Reviewed by on . [caption id="attachment_22594" align="alignnone" width="300"] Ketua Umum Perkumpulan Demi Anak Generasi (DAG), Edo Panjaitan.[/caption] JAKARTA - Kapolri Jender [caption id="attachment_22594" align="alignnone" width="300"] Ketua Umum Perkumpulan Demi Anak Generasi (DAG), Edo Panjaitan.[/caption] JAKARTA - Kapolri Jender Rating: 0
scroll to top