Home » EKONOMI » Blue Bird Bali Gelar Upacara Potong Gigi, ‘Mapandes Kinembulan’

Blue Bird Bali Gelar Upacara Potong Gigi, ‘Mapandes Kinembulan’

 

Noni purnomo melihat ritual potong gigi

Noni Purnomo, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding (tengah) mendampingi Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra saat menjadi Sangging atau pelaksana ritual potong gigi untuk anak korban Bom Bali pertama, Tahun 2002. (Foto:Teguh BB)

Bali – Melestarikan adat istiadat dan budaya Bali, Bali BlueBird Group menggelar upacara Mapandes Kinembulan atau potong gigi bersama pada Senin (13/6).

Mapandes Kinembulan yang juga didukung oleh Gases Bali itu akan diikuti total peserta 86 orang. Dari 86 orang peserta itu, 78 orang akan mengikuti acara Mapandes Masal, dan 8 orang upacara Mapetik dan Menek Kelih.

Upacara Potong Gigi ini juga diikuti oleh Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra. Beliau hadir sebagai Sangging, yaitu pelaksana ritual potong gigi. “Saya sangat menghargai kegiatanyang dilakukan Blue Bird Bali hari ini, karena selain menjaga nilai-nilai dari kearifan lokal, hasilnya juga langsung dirasakan oleh masyarakat Bali,” ujar beliau.

Menurut General Manager Blue Bird Bali, dr. Panca Wiadnyana, acara ini diselenggarakan sebagai wujud kebersamaan antara pengemudi, manajemen, dan lingkungan masyarakat. “Ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap Kearifan budaya daerah, dengan melibatkan masyarakat setempat, khususnya di lingkungan pool. Para peserta upacara Mapandes Bersama ini berjumlah 78 orang terdiri dari keluarga para pengemudi Blue Bird dan masyarakat di lingkungan pool seperti anak yatim piatu yang diantaranya adalah anak-anak dari korban bom bali, serta siswa Sekolah LuarBiasa dan Panti Wredha.

Selain itu, sebanyak 8 orang juga mengikuti upacara Mapetik dan Menek Kelih. Upacara Mapetik adalah ritual potong rambut untuk anak-anak yang memasuki masa remaja, bertujuan untuk menghilangkan sifat kekanak-kanakan. Sedangkan ‘Menek Kelih’ adalah upacara dari remaja menjadi dewasa. “Kami berharap dengan penyelenggaraan acara ini, hubungan yang sudah terjalin harmonis dengan masyarakat, khususnya dilingkungan pool, bertambah erat, serta membawa manfaat buat semua,” jelas Panca. Pada kesempatan kali ini juga dilakukan upacara ‘Medengen-dengen’dan ‘Ngekeb’ yang bertujuan untuk penyucian lahir dan batin.

Sementara itu, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo yang juga hadir mengikuti rangkaian kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Blue Bird Group berkomitmen untuk terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung kebudayaan dan kearifan lokal. “ Blue Bird Group berkomitmen untuk menjadi bagian dari masyarakat dimana kami beroperasi. Oleh karena itu, kami secara aktif akan terus mendukung berbagai kegiatan dengan nilai-nilai luhur yang mengajarkan kebaikan bagi masyarakat setempat, apalagi ini juga sejalan dengan filosofi perusahaan kami, “ pungkas Noni. (Thejakartatimes/R/EOS)

Blue Bird Bali Gelar Upacara Potong Gigi, ‘Mapandes Kinembulan’ Reviewed by on .   [caption id="attachment_15075" align="alignleft" width="600"] Noni Purnomo, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding (tengah) mendampingi Ida Bagus Rai   [caption id="attachment_15075" align="alignleft" width="600"] Noni Purnomo, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding (tengah) mendampingi Ida Bagus Rai Rating: 0
scroll to top