Home » Uncatagories » Akibat aksi Demo Tujuh Mobil Dinas Polisi Rusak Akibat Aksi di DPRD Sumut

Akibat aksi Demo Tujuh Mobil Dinas Polisi Rusak Akibat Aksi di DPRD Sumut

gambar.png

Akibat aksi Demo Tujuh Mobil Dinas Polisi Rusak Akibat Aksi di DPRD Sumut

Medan – Thejakartatimes

Aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh antara mahasiswa dengan petugas kepolisian di depan Kantor DPRD Sumatera Utara, tak kurang dari tujuh mobil dirusak dan dibakar massa, Selasa (24/9).

Aksi Demi penolakan Kendaraan yang rusak ada tujuh kendaraan dinas roda empat. Beberapa pelaku yang diduga provokator kita proses. Perkembangan selanjutnya akan kita sampaikan,” kata Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Dadang Hartanto, yang ikut turun ke lokasi.

Dadang menuturkan bahwa pihaknya sudah mengingatkan pengunjuk rasa agar tidak bertindak anarkis. Namun sekitar pukul 15.00 WIB, mahasiswa mulai mendorong kawat berduri dan berupaya naik ke pagar Gedung DPRD Sumut.

“Tiba-tiba ada pelemparan. Untuk menjaga kondusivitas wilayah, kita lakukan upaya paksa dengan menembakkan water canon hingga pukul 18.25 WIB situasi kondusif,” jelasnya.

Lebih jauh Dadang menegaskan agar semua pihak tidak menyebarkan hoax. Mengingat banyak informasi beredar yang menyebut ada korban meninggal dunia dalam aksi tersebut.

gambar.png

 

 

Demonstrasi ribuan mahasiswa di Kantor DPRD Sumatera Utara, yang awalnya berlangsung kondusif, tiba-tiba berujung ricuh. Akibatnya, sejumlah peserta aksi yang diduga menjadi provokator ditahan petugas kepolisian.

Saat aksi mulai ricuh, polisi coba menghalau pengunjuk rasa menggunakan gas air mata dan menembakkan air dari water canon. Sementara massa aksi berbalik melempar batu ke arah polisi.

Setelah satu jam lebih berupaya menenangkan massa, polisi baru bisa meredam kericuhan dan menghalau para demonstran agar menjauh dari Gedung DPRD Sumut.

Pada saat situasi sudah reda, sebagian mahasiswa berkumpul di depan Markas Kodim 0201/BS, dan sebagian lagi membubarkan diri dengan tenteram.

Berada di tengah-tengah mahasiswa, Komandan Koramil (Danramil) 01/Medan Barat, Kapten Kav Azwar, menyampaikan beberapa hal kepada mahasiswa.

Harapannya kita menjaga keamanan, dan kalau kita menyampaikan aspirasi, nanti akan ada perwakilan mahasiswa dari kampus-kampus yang ikut dalam aksi,” ujar Kapten Azwar kepada mahasiswa.

Namun ketika Kapten Kav Azwar sedang berbicara, beberapa mahasiswa menyampaikan agar teman-temannya dikembalikan dan pulang bersama-sama mereka.

“Kawan-kawan kami kembalikan, pak. Kami minta kawan kami dikembalikan sekarang, pak. Agar kami pulang sama, pak,” harap salah seorang mahasiswa.

Mendengarkan hal itu, Kapten Azwar, pun memberikan keterangan dengan menyampaikan, nanti akan dilakukan rapat dengan perwakilan kampus.

“Kembali saya sampaikan, masing-masing sudah ada perwakilan mahasiswa setiap kampus, dan bagi yang belum ada, akan dikoordinasikan. Akan kita adakan briefing atau rapat. Jangan ragu, yakinlah, akan dikembalikan,” ucap Kapten Azwar.

 

gambar.png

Jadi, saya harapkan, kepada adik-adik agar kembali ke rumah atau ke kampus masing-masing. Ini untuk keamanan dan kenyamanan kita bersama. Saya harap apa yang saya sampaikan ini agar dipahami dan dimengerti,” imbaunya.

Kendati demikian, setelah situasi sempat aman dan sebagian mahasiswa berangsur pulang dari, keributan kembali terjadi setelah sejumlah mahasiswa mendatangi lagi Kantor DPRD Sumut.

Polisi pun memberikan tembakan air dari water cannon. Tidak lama kemudian situasi kembali kondusif.

Seperti diketahui, demonstrasi mahasiswa ini diikuti beberapa kampus yang ada di Kota Medan. Massa aksi menyampaikan tuntutannya untuk menolak RUU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan RKUHP.[ Binsar Simatupang]

 

 

 

 

 

 

 

 

Akibat aksi Demo Tujuh Mobil Dinas Polisi Rusak Akibat Aksi di DPRD Sumut Reviewed by on . Akibat aksi Demo Tujuh Mobil Dinas Polisi Rusak Akibat Aksi di DPRD Sumut Medan – Thejakartatimes Aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh antara mahasiswa dengan pe Akibat aksi Demo Tujuh Mobil Dinas Polisi Rusak Akibat Aksi di DPRD Sumut Medan – Thejakartatimes Aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh antara mahasiswa dengan pe Rating: 0
scroll to top