Home » Headline » Ajang Lomba Musik Dan Lagu Anak Apresiasi Bagi Tokoh Musik Anak Nasional

Ajang Lomba Musik Dan Lagu Anak Apresiasi Bagi Tokoh Musik Anak Nasional

 

 

Penampilan salah satu ansambel musik anak. (Foto: Ist)

Penampilan salah satu ansemble musik anak. (Foto: Ist)

 

JAKARTA – Bagi kita yang mengalami masa anak-anak pada dekade 80 – 90 an, nama Ibu Meinar, Ibu Fat dan Pak AT Mahmud tidak asing lagi. Ketika itu Stasiun Televisi Republik Indonesia merangkai acara musik anak-anak seperti Ayo Menyanyi, Lagu Pilihanku, juga Merdu Berlagu. Materi lagu yang ditampilkan pun adalah lagu anak-anak sebagaimana pemahaman yang lebih hakiki yaitu sebagai lagu yang mudah dicerna, mudah pula dihafalkan, rangkaian syair dan melodinya memang murni kekanak-kanakan dan yang paling penting mengandung nilai-nilai pendidikan, tentu juga mengembangkan imajinasi.

Meski para tokoh musik tersebut telah lama berpulang namun hingga kini lagu-lagunya masih terdengar indah untuk dinikmati, meski selera dan gaya lagu anak-anak sekarang mulai mengalami pergeseran. Adalah Ikatan Alumni SPG Negeri 1 Jakarta, Sekolah di mana dulu ketiganya mengabdikan diri dalam dunia pendidikan, mencoba kembali mengangkat lagu anak- anak, apakah itu karya Bapak AT Mahmud atau karya pencipta lagu anak-anak lainnya dalam rangkaian acara Lomba Musik dan Lagu Mengenang Ibu Meinar, Ibu Fat dan Pak AT Mahmud.

“Cukup memberikan harapan kedepan untuk dunia pendidikan musik di sekolah dapat berkembang lebih baik setelah melihat penampilan para peserta yang penuh dengan spirit dan sportifitas mengikuti lomba ini,” jelas Ketua Dewan Juri, Cheppy Soemirat.

Lomba diikuti oleh 23 (dua puluh tiga) peserta terdiri atas 6 Peserta Paduan Suara, 14 Peserta Vokal Solo dan 3 Peserta Ensemble Musik. Praktis sepanjang lomba berlangsung kita benar-benar merasakan alunan lagu anak-anak semasa ketiga tokoh masih hidup seperti Anak Gembala (AT Mahmud), Berlabuh (Pak Dal), Negeri Kita (Zukkifli SK), Indah Alam Negeriku (Waluyo Hadi), Bintang Timur (Hari Poerwanto) dan lain-lain.

“Ini adalah penyelenggaraan lomba yang pertama kali, jadi wajar jika ada beberapa titik lemah yang harus dievaluasi seperti halnya kesiapan peserta yang belum maksimal, ujar  ketua panitia  Yetty Fadjrijati Ningrum, , di Jakarta, Sabtu (16/10/2019).

Para pemengan lomba lagu dan musik anak bersama panitia dan music director Hari Poerwanto. (Foto: Ist)

Para pemengan lomba lagu dan musik anak bersama panitia dan music director Hari Poerwanto. (Foto: Ist)

Hari Poerwanto selaku Music Director sekaligus arranger penyelenggaraan lomba ini menyatakan bahwa lebih dari sekadar mencari menang atau kalah, namun ada alasan yang sangat mendasar dari diadakannya lomba ini, yaitu untuk melakukan evaluasi terhadap perkembangan pendidikan musik di sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama, yang kini cenderung agak terabaikan. Karenanya materi lomba memang dibuat agak sulit dan banyak tantangan, khususnya untuk paduan suara dan ensemble musik, demikian paparnya.

Selanjutnya keluar sebagai pemenang untuk lomba paduan suara adalah Juara I SD Islam Al Hasanah Ciledug, Juara II SD Bintang Timur Kemayoran, Juara III SDN Menteng Atas 05. Untuk Vokal Solo Juara I Fladira Luna Ramadhani (SDN Pondok Pinang  10), Juara II Jacinda Letitia Azzahra (SDN Kemanggisan 17), sedang Juara III adalah Juang (SDN Menteng 05). Untuk bidang lomba ensemble musik Juara I SD Perguruan “Cikini”,  Juara II SMP Muhammadiyah 8 dan Juara III adalah SDN Cempaka Putih Barat 17. (Pur)

Ajang Lomba Musik Dan Lagu Anak Apresiasi Bagi Tokoh Musik Anak Nasional Reviewed by on .     [caption id="attachment_23489" align="alignnone" width="300"] Penampilan salah satu ansemble musik anak. (Foto: Ist)[/caption]   JAKARTA - Bagi ki     [caption id="attachment_23489" align="alignnone" width="300"] Penampilan salah satu ansemble musik anak. (Foto: Ist)[/caption]   JAKARTA - Bagi ki Rating: 0
scroll to top