Home » Headline » 4 Faktor yang Bikin Anak Merokok dan Pencegahannya

4 Faktor yang Bikin Anak Merokok dan Pencegahannya

7f6dae61-071b-4ea7-b3d8-8fad10e40929_169

Kampanye untuk tidak merokok. (Foto: Antara photo/Agung Rajasa)

Jakarta – Psikolog dari Universitas Pancasila Aully Grashinta mengatakan setidaknya ada empat faktor yang bikin anak merokok atau jadi perokok.

Pertama, orangtua
Anak yang orangtuanya merokok, kata Aully, akan lebih mudah belajar merokok ketimbang anak yang orangtuanya bukan perokok.

“Pada dasarnya, manusia belajar dari lingkungan, anak-anak melakukan modelling,” kata Aully di Jakarta, seperti dikutip Antara hari ini.

Kedua, orang merokok di lingkungan
Sama seperti faktor pertama, orang-orang yang merokok di lingkungan si anak akan menjadi contoh sehingga anak akan mencoba merokok dan akhirnya menjadi perokok.

Ketiga, tekanan teman atau pergaulan
Anak-anak, kata Aully, akan semakin mudah terpengaruh untuk merokok bila bergaul dengan anak-anak perokok dan menganggap merokok itu keren.

Keempat, iklan rokok
Meskipun iklan rokok di media massa tidak menampilkan bentuk dan aktivitas merokok, yang dimunculkan dalam iklan adalah hal-hal yang dianggap keren oleh anak. “Anak-anak jelas akan terpengaruh dan terdorong untuk merokok,” tuturnya.

Anak-anak yang melihat iklan, yang menampilkan citra positif dan dianggap keren oleh anak-anak, akan terpengaruh kemudian menginginkan barang yang diiklankan. “Orang dewasa mungkin akan berpikir dan menimbang-nimbang manfaat suatu barang yang diiklankan. Hal berbeda terjadi pada anak-anak,” katanya.

Lalu, apa tips bagi orangtua supaya anak tak tumbuh menjadi perokok? Aully menyarankan orangtua harus menciptakan lingkungan yang bebas rokok. (CNN Indonesia)

4 Faktor yang Bikin Anak Merokok dan Pencegahannya Reviewed by on . [caption id="attachment_18877" align="alignnone" width="600"] Kampanye untuk tidak merokok. (Foto: Antara photo/Agung Rajasa)[/caption] Jakarta - Psikolog dari [caption id="attachment_18877" align="alignnone" width="600"] Kampanye untuk tidak merokok. (Foto: Antara photo/Agung Rajasa)[/caption] Jakarta - Psikolog dari Rating: 0
scroll to top